Tips Hemat Beriklan Google Adwords

Google Adwords adalah media beriklan dari Google. Bagi para pebisnis, baik skala kecil, menengah, atau besar patut mempertimbangkannya. Terlebih bagi Anda pelaku UKM yang mungkin terganjal dengan aggaran beriklan. Adwords mempunyai fitur PPC (Pay per Click) yang membuat biaya beriklan Anda hanya dihitung saat iklan diklik.

Hanya saja beriklan dengan Adwords memang mengharuskan Anda bersaing dengan pengiklan lain yang membidik target sama. Pasalnya setiap pengiklan menginginkan posisi terbaik untuk iklan mereka. Sehingga peluang terjadinya transaksi semakin besar dan minimalisasi budget beriklan bisa Anda capai. Adapun berikut diberikan tips berhemat anggaran iklan dengan Adwords, yaitu:

 

·   Google Search

Pebisnis pemula atau pebisnis dengan anggaran minim wajib beriklan di Google Search. Dengan demikian produk atau jasa Anda bisa muncul di halaman pencarian Google. Strategi inilah yang biasa disebut search engine marketing.

Untuk sekarang, abaikan display advertising atau iklan yang biasa muncul di laman web. Pasalnya jenis iklan sekarang ini kurang efisien dibanding dengan Google Search. Namun, jika Anda memiliki anggaran lebih untuk iklan sekiranya bukan masalah mencoba display advertising.

 

·  Memilih Keyword Tepat

Seperlu menghemat biaya beriklan Google Adwords berikutnya adalah tepat memilih kata kunci. Dianjurkan memilih kata kunci seperti nama brand Anda. Baik nama brand yang disertai nama perusahaan, nama produk, atau jasa yang Anda tawarkan. Perlu Anda tahu, bahwa keyword dengan nama brand dibandrol harga relatif lebih murah. Sementara untuk peluang klik cukup tinggi.

Cara lainnya Anda bisa memilih kata kunci yang panjang namun spesifik atau keyword long tail. Hindari keyword yang terlalu umum. Misalnya kata kunci rumah makan terlalu umum. Akan lebih baik jika memfokuskannya dengan menggunakan karta kunci rumah makan Jepang di Jakarta. Tentukan kata kunci sesuai sektor bisnis Anda.

 

·  Menentukan Target Lokasi

Pada langkah pengaturan campaign, sebaiknya memilih negara dan bahasa Indonesia. Hal ini penting terlebih Anda menjalankan bisnis lokal. Untuk memberi hasil lebih spesifik berikan nama kota pada pemilihan kata kunci. Anda juga bisa menyasar dengan radius berdasar posisi bisnis Anda.

 

·  Menentukan Waktu

Cara lain untuk menghemat biaya iklan Adwords adalah menentukan waktu tayang. Anda bisa memasang iklan di jam sibuk, di waktu penggunaan internet cukup padat. Sebagai contoh saat menjelang akhir pekan, saat jam kerja, atau lainnya. Penentuan waktu ini sebaiknya juga mempertimbangkan siapa target pasar Anda.

 

·  Menentukan Target Perangkat

Tips terakhir tentukan target perangkat. Menggunakan Adwords Anda bisa mengatur kemunculan iklan secara berbeda, baik pada smartphone, tablet, PC, atau laptop. Pada jam kerja sibuk misalnya Anda bisa menaikkan bidding iklan Google Adwords untuk dimunculkan dalam smartphone.

Posting Komentar

0 Komentar