Google Adwords adalah media
beriklan dari Google. Bagi para pebisnis, baik skala kecil, menengah, atau
besar patut mempertimbangkannya. Terlebih bagi Anda pelaku UKM yang mungkin
terganjal dengan aggaran beriklan. Adwords mempunyai fitur PPC (Pay per Click)
yang membuat biaya beriklan Anda hanya dihitung saat iklan diklik.
Hanya saja beriklan dengan Adwords
memang mengharuskan Anda bersaing dengan pengiklan lain yang membidik target
sama. Pasalnya setiap pengiklan menginginkan posisi terbaik untuk iklan mereka.
Sehingga peluang terjadinya transaksi semakin besar dan minimalisasi budget
beriklan bisa Anda capai. Adapun berikut diberikan tips berhemat anggaran iklan
dengan Adwords, yaitu:
· Google Search
Pebisnis pemula atau pebisnis
dengan anggaran minim wajib beriklan di Google Search. Dengan demikian produk
atau jasa Anda bisa muncul di halaman pencarian Google. Strategi inilah yang
biasa disebut search engine marketing.
Untuk sekarang, abaikan display advertising
atau iklan yang biasa muncul di laman web. Pasalnya jenis iklan sekarang ini
kurang efisien dibanding dengan Google Search. Namun, jika Anda memiliki
anggaran lebih untuk iklan sekiranya bukan masalah mencoba display advertising.
· Memilih Keyword Tepat
Seperlu menghemat biaya beriklan
Google Adwords berikutnya adalah tepat memilih kata kunci. Dianjurkan memilih
kata kunci seperti nama brand Anda. Baik nama brand yang disertai nama
perusahaan, nama produk, atau jasa yang Anda tawarkan. Perlu Anda tahu, bahwa
keyword dengan nama brand dibandrol harga relatif lebih murah. Sementara untuk
peluang klik cukup tinggi.
Cara lainnya Anda bisa memilih kata
kunci yang panjang namun spesifik atau keyword long tail. Hindari keyword yang
terlalu umum. Misalnya kata kunci rumah makan terlalu umum. Akan lebih baik
jika memfokuskannya dengan menggunakan karta kunci rumah makan Jepang di
Jakarta. Tentukan kata kunci sesuai sektor bisnis Anda.
· Menentukan Target Lokasi
Pada langkah pengaturan campaign,
sebaiknya memilih negara dan bahasa Indonesia. Hal ini penting terlebih Anda
menjalankan bisnis lokal. Untuk memberi hasil lebih spesifik berikan nama kota
pada pemilihan kata kunci. Anda juga bisa menyasar dengan radius berdasar
posisi bisnis Anda.
· Menentukan Waktu
Cara lain untuk menghemat biaya
iklan Adwords adalah menentukan waktu tayang. Anda bisa memasang iklan di jam
sibuk, di waktu penggunaan internet cukup padat. Sebagai contoh saat menjelang
akhir pekan, saat jam kerja, atau lainnya. Penentuan waktu ini sebaiknya juga
mempertimbangkan siapa target pasar Anda.
· Menentukan Target Perangkat
Tips terakhir tentukan target
perangkat. Menggunakan Adwords Anda bisa mengatur kemunculan iklan secara
berbeda, baik pada smartphone, tablet, PC, atau laptop. Pada jam kerja sibuk
misalnya Anda bisa menaikkan bidding iklan Google Adwords untuk dimunculkan
dalam smartphone.
0 Komentar