Google Adwords merupakan sebuah platform periklanan Google
yang memberi kebebasan dalam pengaturan. Dimana Anda bisa mengatur penempatan
iklan. Termasuk mengatur penempatan iklan di Google Search, sehingga iklan Anda
mudah ditemukan oleh target pasar yang sudah dibidik sebelumnya.
Untuk tampilan Adwords bisa dikenali saat Anda mengetikkan
kata kunci tertentu pada mesin pencari Google. Saat halaman Google terbuka dan
menampilkan sejumlah rekomendasi link, maka bisa dilihat ada kotak warna kuning
dengan tulisan Ad atau Ads. Kotak ini biasanya terdapat di bawah judul artikel.
Itulah contoh tampilan iklan menggunakan Google. Seringkali iklan Google ini
juga disajikan dalam tampilan beda seperti di bagian side bar, bagian atas, dan
juga bagian bawah halaman Google.
Adwords ditawarkan Google sebagai program iklan untuk
produsen dan pebisnis online yang ingin memasarkan produk atau jasanya via
jaringan internet. Bisa dibilang Google Adwords adalah pilihan terbaik bagi Anda
yang ingin melakukan pemasaran online. Mengenal baik platform ini mencakup
berbagai fitur dan kelebihannya digadang-gadang mampu mengoptimalkan bisnis
online Anda.
Begitu kompleks fitur yang disediakan Adwords memberi
kebebasan tanpa batasan dalam merencanakan strategi online marketing. Bagaimana
tidak? Anda bisa menentukan siapa target market Anda berdasar kategori tertentu
seperti topik, keyword, lokasi, waktu, dan lainnya. Sehingga jauh lebih simpel
dan praktis dengan biaya iklan sebanding.
Pembayaran Google
Adwords
Bagi pebisnis pemula, mungkin khawatir akan terkendala budget
jika ingin memasang iklan online. Tak perlu galau karena Anda bisa mengawalinya
dengan anggaran yang tersedia. Hanya saja memang direkomendasikan memulai
dengan biaya minimal 50 ribu rupiah per hari. Adapun untuk pembayaran Google
Adwords berlaku beberapa cara, yaitu:
· Pay per Thoushand Impression
Cara pembayaran pertama adalah biaya per 1000 impresi.
Maksudnya Anda akan diganjar biaya tertentu setiap kali ada 1000 pengunjung yang
melihat iklan yang Anda tampilkan. Cara pertama ini sangat dianjurkan bagi
pemula. Terlebih bila tujuan Anda ingin membangun kesadaran pasar ataupun ingin
dilihat oleh banyak orang.
· Pay Per Click
Cara pembayaran berikutnya ditentukan oleh setiap klik yang
mengenai iklan Anda. Yaitu saat netizen melihat iklan Anda lalu mengkliknya.
Akan tetapi bila netizen hanya melihat iklan yang Anda tampilkan, maka Anda
tidak akan dikenai biaya apapun.
· Pay per Conversion
Ini adalah cara pembayaran paling direkomendasikan bagi para
pebisnis online. Dimana Anda hanya perlu membayar bila target iklan Anda sudah
tercapai. Target yang dimaksud bisa berupa pendaftaran anggota, lama kunjungan,
terjadi penjualan, dan lain sebagainya.
Anda ingin beriklan online guna menawarkan produk atau jasa
yang dimiliki? Tentu Adwords dari Google patut Anda pertimbangkan. Mengingat
sebagian besar pengguna internet memanfaatkan Google untuk mendapatkan
informasi yang mereka cari, sehingga memberi peluang besar beriklan dengan
Google Adwords akan sukses.
0 Komentar