Google
merupakan perusahaan penyedia situs mesin pencari terbesar di dunia yang setap
harinya digunakan jutaan orang untuk mencari informasi dengan menggunakan kata
kunci tertentu.
Namun
kenyataan bahwa Google adalah situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna
internet kadang masih belum cukup bagi perusahaan untuk memanfaatkan Google
Adwords untuk meningkatkan jumlah traffic yang masuk ke halaman situs
perusahaan atau brand.
Untuk bisa
mencapai sesuatu yang lebih besar memang dibutuhkan pengorbanan. Dalam hal
Google Adwords, pengorbanan yang harus diberikan adalah kerja keras, sumber
daya manusia yang berkapabilitas, dan juga tentu saja investasi. Meski ada cara
lain untuk meningkatkan traffic, namun Google Adwords punya keunggulan yang
lebih seperti berikut ini.
Budgeting yang kontrolnya ada di tangan Anda
Google
Adwords memungkinkan Anda untuk mengatur budget sendiri agar investasi yang
dibayar adalah investasi yang jelas menghasilkan, bukan yang beresiko. Sistem
perhitungan pembayaran Google Adwords adalah PPC di mana biaya tertentu akan
dikenakan kepada pengiklan setiap kali terjadi klik oleh pengguna.
Anda bisa
mengontrol agar budget iklan tidak membludak dengan cara menghilangkan kata-kata
kunci yang tidak memiliki performa bagus, dan lebih fokus pada kata kunci
dengan performa yang tinggi, alias bisa mendatangkan traffic yang lebih banyak.
Dengan demikian perusahaan bayar ke Google hanya untuk klik yang terjadi pada
kata kunci yang bisa mendatangkan traffic besar.
ROI yang tinggi
Ada banyak keuntungan lain yang didapatkan oleh perusahaan ketika mengeluarkan uang investasi untuk membayar Google Adwords. Melalui platform iklan ini, apalagi jika dilengkapi dengan aturan dan trik yang lebih maksimal seperti membuat halaman situs memiliki waktu loading yang lebih cepat, menggunakan kata kunci yang terbaik, dan memiliki konten yang dioptimasi dengan menggunakan SEO, keuntungan yang bisa didapatkan lebih dari sekedar traffic pengunjung yang tinggi.
Dengan makin
banyaknya pengguna internet yang masuk ke halaman situs Anda, makin banyak pula
orang yang melihat eksistensi brand perusahaan, makin banyak orang yang tahu
mengenai produk yang ditawarkan melalui landing page, makin banyak audiens yang
akan memberikan alamat emailnya untuk menjadi subscriber, dan juga
konversi-konversi lainnya yang akan menguntungkan bagi perusahaan.
Peluang untuk melakukan berbagai macam tes marketing
Sangat jarang
perusahaan yang mendapatkan hasil memuaskan dari usaha pertama melakukan
pemasaran. Bahkan ketika perusahaan tersebut sudah terkenal dan memiliki banyak
konsumen, bukan jaminan segala macam usaha pemasaran yang dilakukan mendapatkan
respon positif.
Dengan
menggunakan Google Adwords, Anda bisa melakukan berbagai macam tes untuk
menemukan mana tipe iklan yang paling pas dengan brand dan audiens yang jadi
target, tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak.
Salah tes
yang bisa dilakukan adalah dengan menguji beberapa macam kata kunci untuk
dilihat performanya. Kata kunci yang tidak mendatangkan traffic yang signifikan
bisa disingkirkan agar tidak hanya makan budget iklan saja.
0 Komentar