Tips supaya blog anda loading lebih cepat

Tips ini saya kutip dan saya terjemahkan dari Blogger help. Saya pikir tips ini sangat penting bagi saya yang masih pemula/newbie. Dan tidak ada salahnya kalo saya berbagi dengan teman-teman yang pemula/newbie. oleh karena itu saya terjemahkan dan saya tulis di blog saya ini.

kecepatan loading dari sebuah blog adalah sesuatu yang sangat penting sekali. kenapa?? karena kalo blog loadingnya terlalu lama, pengunjung blog tersebut akan pergi tanpa sempat membaca isi blog yang dikunjunginya itu. Hal ini tentu saja merugikan blog tadi bukan...!!!

untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada beberapa tips yang bisa kita pakai, diantaranya:
1. Post
kecepatan loading blog bisa disebabkan oleh jumlah postingan anda yang dimuat dihalaman utama. Supaya loading lebih cepat anda bisa mengurangi jumlah postingan yang akan ditampilkan dihalaman utama. Caranya mudah sekali. Anda hanya mengeditnya dari tab setting (pengaturan. kemudian klik tab format, anda dapat memilih jumlah postingan yang akan ditampilkan di halaman utama. Disini disarankan anda memilih 10 postingan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_ockrTuKjshmUJEUN8gaVvq5Kgxi8EOTBbH6-EhYsae5rEbDsBzcPgumIKJ9KYZsbZn3hhYjHXDZVa3eb3gSCeVj50hUBxY1H0msmf0Ce9c5oczZmJIiBKTuEw6QoODkBIAyaDwonf10/s1600/Picture+1.png

2. Links dan javascripts dari pihak ketiga
Supaya kecepatan loading blog anda maksimal, blogger menyarankan untuk menggunakan widgets google/blogger, serta javascript dan links.Apabila anda menggunakan javascripts dan links pihak ketiga, maka kecepatan loading blog anda akan semakin cepat jika anda menaruh javascript dan links tadi di bagian bawah blog anda. Apabila javascript dan links pihak ketiga tadi ada di sidebar maka sebaiknya anda pindahkan ke bagian bawah sidebar blog anda.

3. gambar dan multimedia.
banyaknya gambar,video,dan multimedia yang lain akan memperlambat loading blog anda. Tapi keberadaan gambar,video,flash akan menambah daya tarik blog anda. oleh karena itu supaya dua-duanya berjalan dengan lancar dan tidak mengganggu loading blog anda, maka ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, diantaranya:
# Kurangi ukuran gambar Anda atau gunakan gambar kecil (thumbnail) yang nge-link ke image/gambar dengan ukuran penuh.
# Jika anda menggunakan gambar maka disarankan untuk menguploadnya dulu ke picasa web album melalui blogger post editor.
# Jika Anda memiliki banyak gambar yang ingin ditampilkan diblog anda, Anda dapat meng-upload semua foto Anda (liburan atau aktivitas yang lain) ke Picasa Web Album dan link kan ke album anda di postingan atau disidebar.

Tips yang lainnya adalah apabila anda menambahkan CSS ke dalam blog anda, maka pastikan anda meletakkannya dibagian paling atas halaman blog anda. hal ini akan menambah kecepatan loading blog anda.

itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menambah kecepatan loading blog anda. semoga bermanfaat. Apabila ada saran dan komentar silahkan postkan dikolom komentar.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Nambahin mbak.. pastinya koneksi internet harus lebih mantab..

    BalasHapus